Networking, Opensource and Experience

top line

Kemandirian Teknologi dalam Era Persaingan Global

Saat sekarang ini adalah suatu kenyataan bahwa teknologi telah menjadi primadona diberbagai kalangan, dan berbagai belahan dunia, termasuk di negara tercinta ini, Indonesia. Sebagai sebuah negara berkembang, Indonesiapun tidak mau ketinggalan dibidang teknologi, pemerintah terus memberikan kontribusi untuk memfasilitasi perkembangan teknologi di negara ini. Meskipun saat sekarang ini dalam pengembangan teknologi kita masih membutuhkan bantuan ataupun kerjasama dengan negara lain, namun suatu saat kita optimis bahwa bangsa ini bisa mandiri dalam mengembangkan teknologi-teknologi yang mutakhir, layaknya negara maju.

Sejak dulu 
Telah lama bangsa kita terus berusaha mengembangkan teknologi yang ada, tonggak sejarah itu telah didirikan sejak tahun 1994 lalu, oleh seorang putra bangsa dengan keahlianya dibidang teknologi, Prof. Dr.Ing Baharuddin Jusuf Habibie, yang ikut andil dalma pengembangan PT Dirgantara Indonesia dahulunya IPTN, yang telah berhasil memproduksi pesawat terbang sendiri berupa pesawat baling-baling yang diberi nama Gatot kaca. 

Pendidikan 
Untuk mewujudkan bangsa yang mandiri dalam pengembangan teknologi tentunya dibutuhkan peranserta dari pemerintah, mayarakat dan berbagai media. Terutama dalam bidang pendidikan pemerintah dapat memberikan sumbangsih yang besar, baik berupa beasiswa bagi para siswa yang berprestasi, dan menyediakan berbagai infrastruktur yang baik untuk menunjang pendidikan. Karena mereka merupakan aset yang sangat berharga bagi Bangsa ini, jadi selayaknya mereka diperhatikan, sehingga mereka dapat terus berkarya bagi bangsa ini.

Disamping itu, peran media baik media cetak, maupun audio visual, juga diharapkan dapat memberikan kontri busi positif bagi bangsa ini, cengan cara memberikan berbagai informasi yang update tentang berbagai pekembangan teknologi yang sedang berkembang, sehingga dapat memberikan wawasan yang luas masyarakat. 

Masalah adalah Peluang 
Mungkin hal itu tidak terlalu berlebihan, mengingat negara indonesia terdiri dari banyak pulau, sehingga menimbulkan banyak permasalahan, salah satunya adalah komunikasi. Dimana komunikasi pada dasarnya dalah langkah untuk menyampaikan suatu informasi, maka dibutuhkanlah teknologi yang baik untuk mengatasi masalah itu.

Masalah yang timbul bukanlah merupakan suatu rintangan besar yang akan menghentikan langkah kita, melainkan merupakan peluang kita untuk mencari solusi. Banyak penemu dibidang teknologi yang hasil temuannya berasal dari masalah-masalah yang pernah ia hadapi didalam kehidupannya sehari-hari. Bukankah Innovasi dan kreatifitas timbul karena ada masalah yang harus dipecahkan.? 

Innovasi
Merupakan suatu perubahan yang baru menuju kearah perbaikan, atau suatuhal yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana atau tidak secara kebetulan.

Ansyar, Nurtain (1991), menjelaskan bahwa innovasi adalah gagasan, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi(Sumber).
Inovasilah yang membedakan seorang pemenang dengan seorang pecundang.
Berasal dari hal sepele 
Inovasi tidak selalu datang dari hal-ha yang sulit, bahkan kebanyakan inovasi berasal dari hal-hal sepele yang ada dikehidupan kita sehari-hari, dimana tidak banyak orang melirik hal itu. Seperti halnya yang dilakukan oleh dua orang kakak beradik asal Bandung Fahma waluya dan Hania Pracika, mereka berhasil memenangkan lomba software APICTA Internasional 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dimana hanya berawal dari kegemaranya membuat aplikasi untuk adiknya sendiri, namun siapa sangka hal kecil itulah yang menuntunnya menuju kontes Internasional(Sumber).
Mungkin contoh diatas adalah salah satu dari sekian banyak pemuda-pemudi indonesia yang berprestasi, dan masih banyak lagi anak-anak yang berbakat dan kreatif di negara ini. 

Berbagai Kompetisi 
Memiliki inovasi saja tidaklah cukup, kita juga membutuhkan suatu media untuk mempublikasikan hasil karya kita, dan menunjukkan hasil karya kita kepada dunia. Mengikuti berbagai ajang kompetisi adalah salah satunya jawabannya, sehingga kita bisa mengasah kemampuan kita, sekaligus jika kita berhasil memenangi kompetisi kita bisa menunjukkan hasil karya kita kepada dunia. 

Saat ini ajang kompetisi-kompetisi serupa sangatlah banyak salah satunya adalah Compfest 2011 yang diadakan oleh mahasiswa/i fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. 

Pada event ini sobat semua bisa menguji kemampuan sobat di bidang-bidang berikut:

Bagi sobat yang mamu menembah pengetahuan juga ada beberapa Seminar dan Workshop juga, atau bagi teman-teman komunitas ada juga Exhibition dari beberapa komunitas dan forum di Indonesia, tunggu apa lagi buruan gabung.
Semoga kelak Indonesia bisa mandiri dalam teknologi.

Blogging Competition Compfest 2011

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

9 comments :

Gaphe said...

Semoga menang kontesnya, reviewnya lengkap.. dengan melihat dari berbagai sudut pandang, kekuatan dan tantangan yang dihadapi!

goodluck!

Dzikrillah said...

@ Mas gaphe
Amin, mdah-mdahan menang mas, tpi lw g menang te"p senang, bsa berpartisipasi di event ini.

Irly said...

walah..pantesan tulisannya mantap, lengkap banget..
Semoga menang ya :10

Dzikrillah said...

@ Mbk Irly
Amin, mksh mbk.

Junian said...

negeri ini sebenarnya sudah memiliki orang-orang dengan potensi dan inovasi yang luar biasa. Namun sayangnya sistem negeri ini yang membuat orang-orang tersebut tidak bisa berkembang. Untuk bisa menjadi bangsa yang mandiri, diperlukan pemikiran out-ouf-the-system.

Nice post kawan

Dzikrillah said...

@ Junian
Setuju sob, keykx emang harus begitu.

chici said...

Hmm... mantap nih penjabarannya
Good luck ya 10

Gaphe said...

saya malah baru tahu ada lomba blog compfest 2011 ini.. telaat jadi nggak ikutan.. goodluck yah!

Penghuni 60 said...

tergantung SDM nya jg sih...
kalo ngliat byk para pelajar dan mahasiswa pada hobi tawuran...
gmn bs maju Indonesia.

Post a Comment

Leave a Comment...