Networking, Opensource and Experience

top line

Google+ Sosial Network Bikinan Mbah Google

Sosial media pada saat sekarang ini sudah tidak bisa dianggap remeh lagi, hal ini terbukti dengan mulai menjamurnya berbagai sosial network yang dibuat oleh vendor besar maupun vendor kecil dibidang internet baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri sendiri.
Pada awal juli kemarin, dunia sosial network kian berwarna dengan kemunculan sosial network baru, yakni Google+(plus)atau G+, merupakan besutan dari raja seach enggine Google. Setelah diluncurkan, pertumbuhan google+ merupakan pertumbuhan sosial network tercepat didunia, dengan demikian kemunculan google+ sekaligus mengalahkan facebook.


Dalam dua minggu setelah peluncurannya google+ telah berhasil menggaet sebanyak 10 juta pengguna, memang merupakan pencapaian yang sangat bagus jika dibandingkan dengan pengguna facebook saat pertama kali facebook diluncurkan untuk umum.

Hal ini merupakan pembuktian awal bahwa google+ sedikit-demisedikit mulai mengancam berbagai layanan sosial media, terutama facebook yang booming beberapa tahun belakangan. Namun, dengan melihat statistik pengguna awal tidak serta merta membawa google+ menjadi pesaing besar facebook saat ini, hal ini dikarenakan belum tersedianya aplikasi google+ untuk iPhone, masih terbatasnya aplikasi google+ bagi android, serta google belum mengintegrasikan google+ untuk bidang bisnis, hal ini mungkin wajar karena proyek google+ masih sangat muda, dan sampai sekarang google+ masih merupakan versi beta (masih dalam pengambangan).

Circles
Circles merupakan salah satu fitur khas google+ dimana kita bisa menambahkan orang-orang yang kita kenal kedalam circles (lingkarang yang kita inginkan), menurut saya circles merupakan solusi terbaik, Mengapa? Karena kenyataannya pada saat ini banyak teman-teman saya pengguna facebook menggunakan 2 atau lebih account FB, hal ini dikarenakan mereka ingin membagi kenalan mereka ke dalam FBnya. Contohnya, account FB yang pertama dibuat hanya untuk teman dekat dan keluarga, sedangkan account FB yang kedua dibuat untuk teman-teman yang mereka kenal hanya melalui dunia maya. Di google+ karena mereka mempunya fitur circles dengan sendirinya kita bisa mengelompokkan teman sesuia keinginan kita, dimana google menggunakan 4 pilihan circles, yaitu Sahabat, Keluarga, Kenalan dan Mengikuti (following), serta jika kita ingin membagikan wall bisa diatur untuk circle tertentu saja yang bisa melihat.

Hangouts
Hangouts merupakan layanan  conference lebih dari dua orang dengan menggunakan video call,  layanan video call juga dimiliki oleh FB yang bekerja sama dengan Skype, tetepi video call pada FB hanya bisa digunakan oleh dua orang saja.


Huddle
Huddle merupakan layanan dari google+ yang menyediakan grup-grup dijejaring ini untuk mengirim pesan instan.

Sparks
Sparks merupakan fitur yang menghubungkan individu dalam jaringan google+ dengan o
rang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Perbandingan fitur google+ dan facebook

Cara mendaftar google+
Untuk saat ini jika sobat ingin mendaftar google+, saat ini hanya bisa melalui invite dari teman sobat yang telah memiliki account google+.

Referensi:
http://tekno.kompas.com/read/2011/07/14/15255528/Dahsyat.Pengguna.Google.Plus.Capai.10.Juta
http://tekno.kompas.com/read/2011/07/12/12482437/Chickenstrip.Google.Circles
http://tekno.kompas.com/read/2011/07/14/17213494/Banyak.Permintaan.Tambah.Fitur.Google.Plus
http://tekno.kompas.com/read/2011/07/12/09584210/Pengguna.Google.Diperkirakan.Capai.4.7.Juta
http://www.cafezine.im/
http://www.google.com/support/+/bin/static.py?page=guide.cs&guide=1257347&answer=1047805

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

4 comments :

T Said Annuhsi said...

sudah ada akun Bro ?? kalo ada Invite aku di
annuhsi.ts@gmail.com
yah :P

Dzikrillah said...

@ T Said Annuhsi :: Sip udah ku invite mas

Gaphe said...

udah nyobain G+ sih, tapi masih rada-rada bingung gimana makenya, secara klao jejaring sosial beginian suka gapteek.. hehehe..

tapi lebih bagus tampilan dan fasilitasnya sih dibanding soc net yang sebelum2nya

Dzikrillah said...

@ Gaphe :: Saya juga msh rada bingung mkex mas, ampe karg jg masih blajar", wkwk..
Fasilitas & tampilan emang OK..

Post a Comment

Leave a Comment...