Networking, Opensource and Experience

top line

Ilmu atau Harta Pilih mana

x : Kalau jadi orang kaya enak kali ya dzik,?
s : Tergantung?
x : Kok bisa? mang ada yang lebih bagus dari itu?

s : Adalah, kaya ilmu.

x : Tapikan kalaw dengan hartakan kita juga bisa ngedapetin ilmu.
s : Iya, tapi ada banyak sisi pisotifnya kalaw kaya ilmu dibandingkan kaya harta.
Ket :: dimana s (saya) dan x (teman saya)


Itulah sepenggal dari sekian percakapan gak gelas saya dengan teman saya di chat room, gak tau kenapa bisa sampe menghayal kayak begitu. Tapi kalaw menurut pandangan saya memiliki banyak ilmu lebih enak dari pada banyak harta. Why?


Ada beberapa perbedaan antara kaya harta dan kaya ilmu menurut pandangan saya, mungkin pendapat ini bisa sama ataupun berbeda pada setiap orang:

Pertama, orang yang kaya ilmu lebih cenderung dermawan dibandingkan dengan orang yang kaya harta, karena takut hartanya akan berkurang jika disedekahkan kepada orang lain dan keinginan yang tinggi untuk selalu mengumpulkan harta lebih banyak lagi.

Kedua, orang yang kaya ilmu lebih cenderung memiliki rasa was-was didalam menjalani kehidupannya, karena ia mereasa takut jika hartanya dicuri oleh orang. Belumpernahkan liat orang yang lapor kepolisi sambil nangis lalu bilang, "Pak pol ilmu matematika saya habis dicuri si A"

Ketiga, perbedaan antara ilmu dan harta yang paling mencolok adalah, jika harta kita diberikan kepada orang lain maka harta kita akan menjadi berkurang, sebaliknya jika ilmu kita ajarkan kepada orang lain, maka ilmu itu akan bertambah bukannya berkurang.

Keempat, ilmu akan selalu menjaga pemiliknya, sedang harta akan selalu dijaga oleh pemiliknya. Sobat belum pernah dengerkan ada biro perlindungan ilmu? misal , "BIRO PERLINDUNGAN ILMU MATEMATIKA", tapi kalaw harta harus dilindungi, karna belum ada harta yang bisa melindungi dirinya sendiri.

Kelima, ilmu adalah penguasa atas harta, sedangkan harta tidak berkuasa atas ilmu.

Keenam, jika sipemilik harta meninggal dunia, ia akan berpisah dengan hartanya, sedang kan ilmu ia akan mengiringi pemiliknya masuk kedalam kubur.

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

7 comments :

Atma muthmainna said...

setujuuuuuuuuuh.....

dhievs said...

ilmu PALING UTAMA DOONK..... :D

DuniaPiyen said...

setuju...
ilmu adalah yang utama

Gaphe said...

punya harta tak berilmu, rasanya tuh harta juga bakalan habis.. karena manajemen harta juga butuh ilmu!.. nah kalo punya ilmu nggak berharta, yaa tinggal gunain aja ilmunya. Ilmu mencari duiit.. *cling!

Andy said...

w setuju banget dengan pendapat artikel di atas,ilmu tuh kunci dari semua sumber untuk menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik di mata orang & di mata Tuhan
Mampir gantian ya ke blog w

Ely Meyer said...

kayak ilmu donk :)

Rin said...

kalo yg ga punya ilmu kayak aku gimana dong?..hehehe..
makasih tulisannya ya :)

Post a Comment

Leave a Comment...