Networking, Opensource and Experience

top line

Sejarah Perkembangan OS Part2

Nyaris 1 bulan tanpa posting, ok, pada postingan ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Sejarah perkrmbangan OS, yang sebelumnya sudah sempat diulas sedikit di sini.
 

Tahun 1991 
Dukungan untuk partisi disk > 32Mb mulai muncul, serta munculnya MS-DOS 5.0, dan PC-DOS 5.0. Dalam rangka mempromosikan OS/2 Bill gates mengambil setiap kesempatan setelah rilis untuk mengatakan ''DOS sudah mati", namun pengembangan DOS 5.0 mengarah pada menjatuhkan pembangunan permanen OS/2.

Versi setelah berantakan versi 4, adalah dengan benar-benar melakukan pengujian melalui distribusi versi Beta kelebih dari 7.500 pengguna. Versi ini mencakup kemampuan untuk meload device driver dan program TSR diatas batas 640Kb (ke UMBS dan HMA) membebaskan RAM lebih untuk program. Versi ini menandai berakhirnya kolaborasi antara Microsoft dan IBM pada DOS. 

Tahun 1991 (Agustus)
Perancangan kernel Linux mulai dilakukan melalui milis, dan kelahiran Linuxpun ditetapkan pada tahun 1991.


Tahun 1992 (April)
Pengenalan Windws 3.1, serta kelahiran Linux dengan posting berikut ke Newsgroup Usenet comp.os.minix:

Halo semua orang diluar sana yang menggunakan minix,Aku telah merancang sebuah sistem operasi (hanya hobi, tidak akan besar dan profesional GNU sejenisnya) untuk 386 (486) klon Di.
itulah bunyi postingan dari seorang mahasiswa Finlandia, Linus Tolvados, dan hobi ini tumbuh dari awal yang sederhana menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan, UNIX-seperti di dunia saat ini. Sekarang berjalan pada berbagai jenis komputer, termasuk Sun SPARC Compaq Alpha, serta banyak ARM, MIPS, PowerPC dan Motorola komputer berbasis 68000.

Pada tahun 1992, proyek GNU mengadopsi kernel Linux untuk digunakan pada sistem GNU sementara mereka menunggu untuk pengembangan kernel sendiri (Hurd) yang akan selesai. Tujuan proyek GNU adalah untuk memberikan UNIX lengkap dan bebas seperti sistem operasi, menggabungkan Linux atau platform Hurd dengan suite lengkap dari perangkat lunak bebas untuk berjalan diatasnya. Dalam rangka memungkinkan untuk membawa nama GNU, hak cipta kernel Linux diubah menjadi GNU Public License Agreement pada tanggal 1 februari 1992.


Tahun 1993 (Juli)
Windows NT 3.1 dirilis, merupakan rilis pertama dari seri Windows NT. namanya dipilih agar sesuai dengan versi terbaru dari versi 16bit Microsoft Windows. NT berisi kernel yang benar-benar baru, yang merupakan bagian inti dari sistem operasi, seperti Windows 3.x ini tidak didasarkan diatas MS-DOS. Hal ini diracang untuk menjadi platform indepedent, pengembangan asli ditargetkan pada prosesor Intel i860 tapi porting ke IMPS dan kemudian populer prosesor Intel 80386. Win32 API dikembangkan untuk Windows NT, menyediakan 32bit API asli yang programer terbiasa dengan versi 16bit akan berubah ke 32bit.


Tahun 1993 (Desember)
MS-DOS 6.0, ini termasuk program Har-Disk kompresi disebut DoubleSpace, tetapi sebuah perusahaan komputer kecil yang disebut 'Stac' mengklaim bahwa DoubleSpace sebagian merupakan salinan Kompresi Program mereka, Stracker. Setelah membayar kerusakan, Microsoft menarik DoubleSpace dari MS-DOS 6.2, dan merilir sebuah program baru 'Drivespace' dengan versi MS-DOS 6.22. Dalam operasi dan antar muka pemrograman DriveSpace tetap hampir identik dengan DoubleSpace. MS-DOS 6.22 masih versi terakhir dari MS-DOS dirilis, karena Microsoft berpaling ke Windows '95. Windows '95, shell DOS menyatakan bahwa dirinya sebagai DOS 7, dan termasuk beberapa perangkat tambahan, misalnya dukungan untuk nama file yang lebih panjang.


Tahun 1994 (Maret)
Linus Tolvados merilis versi 1.0 dari Linux kernel.
Berikutnya pada bulan september, rilis PC-DOS 6.3 pada dasarnya sama denagan versi 5.0 yang dirilis oleh IBM ini termasuk perangkat lunak yang lebih paket, seperti Stacker (program yang menyebabkan Microsoft malu begitu banyak) dan perangkat lunak anti-virus.
Berikutnya pada 21 September, Microsoft merilis Windows NT 3.5 ini termasuk banyak fitur yang hilang dari rilis 3.1 asli, termasuk dukungan untuk file yang dikompresi dan kompatibilitas Netware.


Tahun 1995 (Maret)
Linus Tolvados kembali merilis Linux kernel versi 1.2.0 (Linux'95). Selanjutnya pada 30 Mei, fitur utama dari Windows NT 3.51 adalah versi yang mendukung prosesor IBM Power PC. Penundaan dalam rilis prosesor berarti penundaan dalam rilis Windows NT 3.51 (NT 3.51 hanya ada karena prosesor tidak siap pada waktunya untuk NT 3.5). Sebagai tim pengembangan mereka menunggu untuk rilis prosesor, dan mereka tetap berusaha mengurangi bug-bug yang ada dalam baris kode mereka. Hal inilah yang membuat NT 3.51 handal dan karena itu populer dengan pelanggan.

Pada tanggal 21 Agustus 1995, Windows '95 diluncurkan oleh Bill Gates & MIcrosoft. tidak seperti versi Windows sebelumnya, Windows '95 adalah sebuah sistem operasi keseluruhan -tidak bergantung pada MS-DOS (meskipun beberapa sisa-sisa dari sistem operasi lama masih ada) Windows '95 ditulis khusus untuk 80386 dan komputer yang kompatibel untuk membuat 'penuh' penggunaan 32bit yang pengolahan dan kemampuan multitasking, dan dengan demikian dalam beberapa hal itu jauh lebih mirip dengan Windows NT dari Windows 3.x. Baik Windows '95 dan Windows NT menyediakan API Win32 untuk programer, dan ketika Windows NT 4 dirilis itu sebuah anrtar muka pengguna yang hampir identik dengan Windows 95.

Sayangnya, untuk menjaga kompatibilitas, Windows 95 tidak memaksakan perlindungan memori yang sama dan langkah-langkah keamanan yang NT dan begitu menderita, dari stabilitas jauh lebih buruk, kehandalan dan keamanan. Meskipun luar biasa mirip dalam fungsi untuk OS/a2 Warp (diproduksi oleh IBM tahun dan beberapa Microsoft sebelumnya, tapi dipasarkan oleh IBM), Windows '95 telah terbukti sangat populer.

Tahun 1996
Windows '95 OSR2 (EOM System Releas 2) telah dirilis, sebagian untuk memperbaiki bug yang ditemukan dirilis 1, tetapi hanya kepada pengecer komputer untuk dijual dengan sistem baru. Sebenarnya ada dua rilis dipisahkan dari Windows '95 OSR2 sebelum pengenalan Windows '98, yang kedua berisi baik dukungan USB dan FAT32, sekaligus merupakan nilai jual utama dari Windows '98. FAT32 adalah sistem pengarsipan baru yang menyediakan dukungan untuk paritions disk lebih besar dari 2.1Gb dan lebih bail dalam mengatasi disk besar (terutama dalam hal ruang terbuang).

Selanjutnya pada tanggal 9 Juni 1996, Linux 2.0 dirilis. Linux 2.0 adalah perbaikan yang signifikan dibandingkan versi sebelumnya, itu adalah yang pertama untuk mendukung beberapa arsitektur (awalnya dikembangkan untuk prosesor Intel 386, sekarang mendukung Digital Alpha dan akan segera mendukung Sun SPARC dan masih banyak lainnya). Ini juga merupakan kernel stabil pertama yang mendukung SMP, modul kernel, dan masih banyak lagi.

Pada 31 Juni 1996, Windows NT 4.0 dirilis. Fitur utamanya adalah update dari antarmuka pengguna untuk mencocokkan Windows '95.
 

Tahun 1998 (Juni)
Microsoft merilis Windows '98. Beberapa pengcara AS berusaha untuk memblokir rilis baru sejak O / S interface erat dengan program lain seperti Microsoft Internet Explorer dan secara efektif menutup pasar perangkat lunak tersebut kepada perusahaan lain. Microsoft berjuang kembali dengan mengirim surat ke Gedung Putih, menunjukkan bahwa 26 dari sekutu industri mengatakan bahwa keterlambatan dalam rilis baru O / S dapat merusak ekonomi AS. Nilai jual utama dari Windows '98 adalah dukungan untuk USB dan dukungan untuk partision disk > 2.1Gb.

Tahun 1999 (Januari)
Kernel Linux 2.2.0 dirilis. Jumlah orang yang menjalankan Linux diprkirakan lebih dari 10juta, sehingga tidak hanya sebuah sistem operasi penting didunia Unix, namun salah satu yang semakin penting di dunia PC.

Tahun 200 (Februari)
Peluncuran Resmi Windows 200 -pengganti Microsoft intuk Windows 95/98 dan Windows NT. Diklaim menjadi lebih cepat dan lebih dapat diandalkan dari pada versi sebelumnya dari Windows. Hal ini sebenarnya keturunan dari seri NT, sehingga trade-off untuk peningkatan kehandalan adalah bahwa hal itu tidak akan menjalankan bebrapa game berbasis DOS tua. Untuk menjaga paasar rumah tangga yang bahagia Microsoft juga merilis Windows ME, anggota terbaru dari seri 95/98.

Tahun 2001 (Januari)
Linux kernel 2.4.0 dirilis, pada 24 Maret 2001 Apple merilis MacOS X. Pada intinya adalah Darwin, Open Source Operating System pada FreeBSD. Menggunakan MacOS X akhirnya memberikan mamfaat stability pengguna Mac dari arsitektur memori dilindungi bersama perangkat tambahan lainnya, seperti preemptive multitasking. Basis BSD juga membuat prting aplikasi UNIX ke MacOS lebih mudah dan memberikan pengguna Mac perintah baris fitur lengkap antarmuka GUI bersama mereka.

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis windows XP - versi terbaru dari sistem operasi Windows mereka. Berdasarkan seri krnel NT, itu dimaksudkan untuk menyatukan kedua seri NT/2000 dan Windows 95/98/ME seri menjadi satu produk. Tentu saja itu tadinya berharap bahwa ini akan terjadi dengan Windows 2000 tetapi yang gagal. Kegagalan ini sebagian besar karena kompatibilitas dengan beberapa aplikasi yang lebih tua, terutama untuk masalah rumah pengguna dengan game berbasis MS-DOS. Windows Xp berutang keberhasilannya sebagai untuk beberapa berbagai perbaikan dalam kesesuaian, dan sebagian ke waktu lulus - render banyak prangkat luanka yang tidak kompatibel dan usang pula.

Tahun 2003 (April)
Windows Server 2003 adalah inkarnasi terakhir dari apa yang mulai hidup sebagai Windows NT. Windows Server 2003 ditargetkan pada server bukan pada workstation dan PC rumah, mereka adalah alam dari Windows XP. Keamanan dan reabilitas adalah tujuan utama selama pengembangan dan peluncuran Windows Server 2003, kritis jika Windows adalah untuk menggantikan sistem UNIX yang melayani banyak perusahaan.

Pada tanggal 24 Oktober 2003, MacOS 10.3 terus meningkatkan MacOS X, dengan update besar untuk 'Aqua'(user interface) serta peningkatan kinerja dan fitur baru.

Dan pada 17 Desember 2003, Linux kernel merilis versiterbarunya yakni 2.6.0. Banyak fitur dari uClinux (dirancang untuk mikrokontroler melekat) telah terintegrasi, bersama dengan dukungan untuk NUMA (digunakan dalam jumlah besar, sistem multi-prosesor). Sebuah scheduler ditingkatkan dan perbaikan skalabilitas membantu memastikan Linux akan menjaga reputasi untuk berjalan pada segala sesuatu mulai dari embedded device kecil sampai server perusahaan kelas besar dan bahkan mainframe. Seperti selalu mendukug untuk kelas baru dari perangkat keras secara signifikan telah diperbaiki.

Tahun 2004
Rilis Ubuntu versi pertama diluncurkan dan didistribusikan keseluruh dunia. Ada eberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE) dan Edubuntu (untuk pendidikan).

Tahun 2005
Rilis Mandariva, merupakan gabungan dari Mandrake dengan Connectiva, yang kemudian berganti nama menjadi Mandariva.

Tahun 2006
Pada tahun ini, distro-distro Linux sudah mulai banyak bermunculan diantaranya, Unbreakable Lunux, merupakan dostro besutan Oracel yang diturunkan dari Red Hat Enterprise. CHIPLux, yang merupakan distro lokal yang dibuat oleh majalah CHIP, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinux OS (varian Mandariva).

Tahun 2007
Micrisoft merilis Windows Vista, setelah sempat tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Dekstop dengan Aero Glass, sidebar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

Tahun 2008
3D OS, tidak sepertihalnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Dekstop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya sistem operasi 3D Dekstop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC Linux. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux den game center Linux.

Tahun 2009
Microsoft rilis Windows 7, yang merupakan perbaikan dari Windows Vista, keunggulan yang dimiliki Windows 7 diantaranya, lebih cepat dan stabil dari pada Vista, memilih jarigan wireless hanya u\dengan satu klik dari system tray, library akan mengumpulkan sistem dengan tipe yang sama.

Tahun 2011
Rilis Linux kernel 3.0, dan Microsoft sedang malakukan perancangan untuk pembuatan Windows 8.

Source: 

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

2 comments :

Ely Meyer said...

terus terang aku blom ngeh ttg hal ini :)

btw, apa kbr ?

Dzikrillah said...

Alhmdlah sehat mbak, wah saya udah lama nih g berkunjung ke tempatnya mbk ely..

Post a Comment

Leave a Comment...