Networking, Opensource and Experience

top line

Join Split File .001 .002 di Ubuntu

Sering kali gue menjumpai split file berekstensi mkv.001 mkv.002, biasanya split diakukan jika ukuran file sangat besar, tidak memungkinkan untuk dibundel menjadi satu paket saja, maka dilakukanlah split file dengan ekstensi diatas, lalu bagai mana cara menggabungkan file-file tersebut agar bisa dibuka untuk melihat isi file tersebut.

Dulu pada saat menggunakan windows gue bisa menggunakan suatu tools yang diberinama HJsplit, dengan tool ini kita bisa melakukan join file tersebut, namun setelah pindah ke linux ubuntu timbul pertanyaan bagai mana cara menggabungkan file tersebut, program ap yang dibutuhkan? Disini gue akan menjelaskan bagi mana cara menggabungkan file split pada Linux.

Program apa yang kita butuhkan untuk melakukan join file split diLinux,? jawabannya tidak ada, karena Linux sudah memberikan kemudahan, kita bisa melakukan join split file dengan menggunakan terminal kita. 

Silahkan letakkan file yang akan dijoin pada satu direktori (folder) terserah dimana saja, disini gue meletakkan file join saya pada direktori /home/zikri/join, dan masing-masing file split di dalam direk tori join bernama:
+ Nama_file.mkv.001
+ Nama_file.mkv.002
+ Nama_file.mkv.003
 Buka terminal (Ctrl+Alt+T), ketikkan diterminal cd /home/zikri/join untuk masuk kedalam direktori yang memiliki file yang akan kita join, setelah itu ketikkan diterminal:
cat Nama_file.mkv.00* > Nama_file.mkv
atau bisa juga dengan menggunakan perintah:
cat Nama_file.mkv.001 Nama_file.mkv.002 Nama_file.mkv.003 > Nama_file.mkv
Catatan : antara masing-masing file dipisahkan dengan spasi.

Setelah proses slelasi silahkan lihat direktori tempat file split tadi berada maka disana akan ada satu file lagi hasil join yang kita lakukan tadi, bagai mana dengan Linux lebih mudah bukan.

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

1 comment :

Shofa Nur Hanifa said...

terima kasih sudah share..

Post a Comment

Leave a Comment...