Networking, Opensource and Experience

top line

NFC Pembawa Perubahan Besar di Dunia Mobile

Sebelum membaca, silahkan lihat dulu visualisasi yang ada pada video dibawah ini, agar anda semua lebih paham tentang pembahasan pada postingan kali ini.


Sebenarnya teknologi ini sudah terdengar sejak awal tahun 2011, pada saat itu gue lagi mengikuti seminar, namun gue ngak tahu dengan pasti cara kerja dan nama teknologi yang disebutkan oleh sang pembicara #bisa jadi gue yang ngak merhatiin.
Baru beberapa minggu kemaren gue teringat lagi dengan teknologi ini, setelah tanya sana sini dengan ditemani oleh oom Google, akhirnya gue nemu video dari MIT dan penjelasan dari wikipedia, lumayan pahamlah setelah baca dan ngelihat penjelasan yang dipaparkan pada video tersebut.
 
Near Field Communication (NFC) technology merupakan teknologi terobosan terbaru dibidang jaringan nirkabel yang memungkinkan interaksi antar sistem lebih sederhana, pertukaran data hingga koneksi nirkabel dengan jarak yang dekat satu dengan yang lainnya antara dua buah perangkat. Tulisan kali ini khusus membahas tentang teknologi NFC ini, oleh karena itu silahkan perbaiki duduk anda, fokuskan perhatian, hentikan segala aktifitas #kecuali bernafas, untuk yang satu ini diizinkan.

Seperti yang dijelaskan diatas tadi, NFC merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirkabel yang dikembangkan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) untuk memudahkan transaksi melalui sebuah ponsel.
 
Pengembang
NFC sendiri digagas oleh Nokia dan operator telekomunikasi asal Eropa dan Asia meliputi KPN, Maxis, Communication Bhd, O2, Orange, SingTel, SKT dan Wind serta 14 operator mobile lainnya. MasterCard juga ikut terlibar dalam proyek ini. Pengembangan wireless chip NFC pada ponsel melibatkan China Mobile, Vodafone, Cingular milik AT&T Inc, BellSouth Corp serta Telefonica besama dengan produsen chip NXP serta Sony yang menjadi pionir contactless chip.

Secara teknis pada saat sekarang teknologi NFC sudah siap digunakan, bahkan beberapa vendor sudah menyertakan teknologi ini pada ponselnya seperti Nokia, Samsung, BB, jika dari sisi harga tentu produk-produk yang menyertakan teknologi NFC ini masih sangat mahal mengingat jumlah ponsel yang mengadopsi teknologi ini beradar dalam jumlah terbatas dipasar.
 
Keunggulan NFC
Keunggulan NFC terletak pada perannya yaitu sebagai teknologi yang memudahkan dan membuat nyaman pelanggan ketika membuka berbagai bentuk komunikasi dan model transaksi. NFC memungkinkan kita untuk melakukan hal yang diinginkan hanya dengan menyentuhkan atau menempatkan perangkat kita mendekati layanan yang kita kehendaki 
Perbedaan NFC dengan Bluetooth
NFC dan Bloetooth merupakan teknologi komunikasi jarak pendek yang terintegrasi ke dalam sebuah ponsel. Sebenarnya NFC bekerja pada kecepatan yang lebih lambat dari Bloetooth, tetapi konsumsi dayanya jauh lebih sedikit dibandingkan konsumsi daya Bloetooth yang tidak memerlukan pasangan.
Setup NFC lebih cepat dibandingkan Bloetooth standar, tetapi tidak lebih cepat dari Bloetooth yang memiliki energi rendah. NFC tidak melakukan konfigurasi manual untuk mengidentifikasi perangkat tetapi koneksi antara dua perangkat NFC akan otomaris diidentifikasi dengan cepat dengan kurun waktu kurang dari 1/10 detik. Data maksimal transfer NFC adalah sekitar 424 kbit/s, lebih lambat dibandingkan kecepatan Bluetooth V2.1 yang sekitar 2.1 Mbit/s.
NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek untuk mengurangi kemungkinan adanya intersepsi yang tidak diinginkan. Berbeda dengan Bluetooth , NFC membutuhkan daya yang relatif rendah. Namun, ketika NFC bekerja dengan perangkat unpowered (contoh: poster cerdas, credit card contactless) NFC akan membutuhkan daya lebih besar dibandingkan Bloetooth V4.0, hal ini disebabkan NFC menerangi tag pasif yang membutuhkan daya tambahan.
Perkembangan Teknologi Kedepan
Jika ada yang bertanya bagai mana pengembangan teknologi kedepan, maka dengan munculnya teknologi NFC merupakan jawaban bahwa perkembangan kedepan kemungkinan mengarak ke perangkat yang berbasis Mobile, para pengembang aplikasi Mobile jelas sangat dibutuhkan kedepannya, jadi siapkan diri kita..
Bagai mana, tertarik untuk mencoba pengalaman membayar tagihan belanja hanya dengan menyodorkan gadget kita..


Semoga bermamfaat.

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

2 comments :

Ely Meyer said...

terus terang belum bisa membayangkan andai jadi sarah sepanjang hari membawa HP terus spt itu walau memang benar dlm berbagai hal memudahkan. Mungkin krn aku tipe org yg blom mau tergantung sama teknologi spt itu ya, jadi masih bebas, msh ada tantangan , bukan hidup tergantung cuma sama benda itu, nggak kebayang kalau hapenya hilang ya

tapi mungkin beda bagi org lain , namanya juga beda org beda pula pikirannya

Dzikrillah said...

Jika HP nya hilang itu bkal jadi bencana mbk, serta hal privasi dengan menggunakan teknologi ini masih menjadi perdebatan saat ini.

Post a Comment

Leave a Comment...