Networking, Opensource and Experience

top line

Address checking with Python

Manusia tak luput dari yang namanya lupa, nah, kejadian ini dialami ketika hendak menggunakan lab F5 yang baru saja di setting beberapa waktu lalu di VMware, berhubung setelah di setting ngak langsung digunakan dan semua default setting telah dirubah, termasuk password root (lupa blass) beserta ip mgm-nya, jadi ngak bisa masuk sebagai administrator via GUI dan ganti password root-nya.

Jadi hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan adalah menemukan ip management dan masuk menggunakan account administrator (password masih belum dirubah), clue yang ada adalah ip mgm-nya ada di segment ip 10.1.1.0/24 nah jika menggunakan cara manual maka jari bisa kriting karna harus nge-ping ip dari 10.1.1.1 - 10.1.1.254. So the solution is.... "let automate with python".

Sebenernya ada cara yang lebih mudah, delet VMware-nya dan mounting VMware yang baru, tapi agak sedikit ribet karna musti request dan activate license lagi.

Kita bisa menggunakan python2 ataupun python3, masing-masing code bisa dilihat sebagai berikut, hal yang sangat perlu dipersiapkan yaitu code cemilan dan secangkir kopi, karna lumayan memakan waktu.

Python2

Python3 

Zikrillah

An ordinary person who use a keyboard to print a word on his screen, "an experienced keyboard user".

No comments :

Post a Comment

Leave a Comment...